Dua Warisan Kerja Dunia

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم
  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
dua warisan nabi muhammad, 2 perkara yang ditinggalkan rasulullah, perhitungan warisan dalam islam, hukum beriman kepada kitab kitab allah adalah, hadits tentang warisan nabi,
Dua Warisan Kerja Dunia
Dua Warisan Kerja Dunia - Alhamdulillah segala puji bagi allah SWT yang sudah memberikan taufik dan hidayahnya kepada saya hingga bisa menulis artikel untuk kepentingan umat nabi Muhammad SAW. Ada Dua Warisan Kerja Di Dunia Ini, Yaitu :

Pertama - Kerja Nubuwwah.

Yaitu Usaha Mendatangkan Qudrat Allah S.W.T. Untuk Melakuka Kerja Ini, Diperlukan Sifat-Sifat Yang Mulia, Seperti Sabar, Tawadhu, Tawakkal, Qona’ah Dan Lain Sebagainya. Untuk Mendapatkan Sifat-Sifat Ini, Harus Istiqomah Di Jalan Allah.

Kerja  Nubuwwah  Adalah  Mengajak Taat  Kepada Allah Dan Rosulnya,  Sebagaimana Kehidupan Pada Zaman Para Sahabat. Penguasa Tidak Perlu  Turun Dari  Kekuasaannya.  Usaha Dakwah  Ini Tidak  Memerlukan  Kerajaan  Atau Pun Menurunkan Raja Dari Tahtanya.  Dakwah Hanya  Menginginkan  Bagai  Mana  Para Raja Berperan  Serta  Dalam  Usaha  Ini  dan Memasyarakatkan Usaha  Dakwah Ke Dalam  Kerajaannya.  Seorang  Petani, Pedagang , Pelajar Atau Pejabat, Baik Lelaki, Wanita, Tua Maupun Muda, Semua Dapat Melakukan Usaha Dakwah Ini.

Ciri-Cirinya Adalah :
  • 1.  Mendatangi Umat Tanpa Diundang ( Seperti Hujan ).
  • 2.  Memberi Contoh Bukan Sekedar Ucapan. Menghidupkan Sunnah Rasulullah ﷺ. Bukan Sekedar Mau’izhah Hasanah, Tetapi Sekaligus Sebagai Uswatun Hasanah. Membicarakan Keagungan Allah S.W.T Dan Alam Akhirat, Bukan Kehebatan Makhluk.
  • 3.  Tidak Mengharapkan Atau Meminta Upah Atas Pengorbanan Harta Dan Diri Sendiri.
  •  4.  Bersifat Umumiyat, Semua Orang Dapat Melakukan Kerja Ini. Hasil Kerja Nubuwwah Adalah Timbulnya Rasa Kasih Sayang. Kerja Ini Akan Mengikis Habis Kekuasaan Yang Zhalim, Seperti Dakwah Yang Dilakukan Oleh Musa A.S Kepada Fir’aun Dan Dakwah Nabi Ibrahim A.S Kepada Namrudz..

Ke - 2 Kerja Hukumah.
yaitu Kerja Untuk Memperoleh Keuntungan Diri Sendiri.
Ciri-Ciri Kerja Hukumah Ialah Mengajak Manusia Kepada Selain Allah S.W.T. Mengumpulkan Orang-Orang Untuk Mengambil Manfaat Dunia, Berupa Harta, Pangkat, Jabatan Dan Sebagainya. Hasil Kerja Hukumah Adalah Keterikatan Dan Paksaan.

Macam-Macam Bentuk Usaha Serta Hasilnya
Usaha
Tempat
Hasil
Perdagangan
Pasar
Laba/Keuntungan
Pertanian
Sawah/Ladang
Bahan Makanan
Perindustrian
Pabrik
Barang/Benda
Politik
Masyarakat
Jabatan
Pendidikan
Sekolah
Ilmu
Jasa
Kantor
Gaji

Sumber : buku khuruj fi sabillah halaman 16 - 17

dua warisan nabi muhammad, 2 perkara yang ditinggalkan rasulullah, perhitungan warisan dalam islam, hukum beriman kepada kitab kitab allah adalah, hadits tentang warisan nabi,
Load disqus comments

0 komentar